303agent.com – Namanya Leroy Fer. Saya jarang mendengar namanya disebut media, tak hafal bentuk wajah apalagi sejarah hidupnya.

Ia memang pemain tim nasional Belanda, dipanggil Louis van Gaal untuk Piala Dunia 2014, dan sempat mencetak gol penting ke gawang Chile. Namun ia tak bermain untuk kesebelasan besar, dan barangkali itulah uniknya: hanya bermain di Norwich dan Queens Park Rangers, setelah mengenyam pendidikan sepakbola di Feyenord, ia toh tetap dibawa Van Gaal ke Piala Dunia 2014.

Beginilah saya bertemu dengannya pertama kali: Di dalam ruangan pribadi yang menjadi bagian dari sebuah bar berkonsep tahun 1920-an, seorang pria berkulit hitam yang tentu saja tingginya membikin saya minder, tertawa-tawa menikmati gurauan tentang sponsor kesebelasan yang diperkuatnya dan sponsor perjalanannya ke Indonesia kali ini.

Saya tertawa, kami tertawa. Kelakar yang memperlihatkan ia punya selera humor yang cukup, termasuk menertawakan dirinya sendiri.

Dia tidak banyak bercerita tentang kesebelasan yang dibelanya, apalagi ambisi-ambisinya bersama tim nasional. Seingat saya, kami yang ada di dalam ruangan itu malah terbahak-bahak karena seorang teman menyinggung kembali apa yang dilakukan Leroy di hari pernikahannya.

Sudah menjadi kebiasaan jika yang empunya hajat akan mempertontonkan tarian pertama mereka sebagai suami istri. Namun di hari yang katanya sakral itu, Leroy dan istrinya – Xenia – menghentak lantai dansa dengan iringan lagu “Loyal” milik Chris Brown. Setahu saya, Drake – rapper yang menjadi favorit Leroy juga pernah menyanyikan lagu ini pada perhelatan Summer Jam 2014.

“Got a white girl with some fake titties. I took her to The Bay with me. Eyes closed smoking marijuana. Rolling up that Bob Marley, I’m a rasta.”

Pernah mendengar lagu itu?

Leroy mengenang peristiwa itu dengan begitu senang. Dengan bangga ia bilang kalau dirinya menari jauh lebih baik daripada istrinya di sepanjang sesi tersebut. Kami yang sudah menyaksikan rekamannya juga tak bisa membantah.

Sementara si istri tidak mau setuju begitu saja. Perempuan yang sedang mengandung sekitar 21 minggu itu membela diri. Ia mengeluhkan gaun pernikahan yang membikinnya tak bisa bergerak leluasa kala itu. Ya, perempuan memang tak mau kalah. Sejarah banyak mencatat hal itu.

Profil :

Leroy Fer Johan adalah pemain sepakbola profesional Belanda yang bermain sebagai gelandang sentral untuk Queens Park Rangers dan tim nasional sepak bola Belanda. Fer memiliki berbagai julukan.
Lahir: 5 Januari 1990 (umur 25), Zoetermeer, Belanda
Tinggi: 1.88 m
Berat: 85 kg
Pasangan: Xenia Schipaanboord (m 2014.)
Orangtua: Lesley Fer
Tim saat ini: Belanda tim sepak bola nasional (Gelandang), Queens Park Rangers FC (# 10 / Gelandang)