Peru ke Perempatfinal Usai Tahan Kolombia

303agent.com – Peru berhasil melaju ke perempatfinal Copa America 2015 usai menahan Kolombia 0-0 di pertandingan terakhir penyisihan grup C yang berlangsung di Estadio Municipal, Senin (22/6/2015) dini hari WIB. Dengan hasil ini, mereka sanggup menyelesaikan grup dengan raihan empat poin.

Angka yang sama sejatinya juga diraih Kolombia. Namun, Los Cafeteros –julukan Kolombia– belum tentu lolos karena masih menunggu hasil pertandingan antara Brasil dan Venezuela yang bakal dihelat sesaat lagi.

Sementara jika partai Brasil kontra Venezuela berkesudahan imbang di atas 1-1, Peru masih berpeluang lolos sebagai peringkat tiga terbaik. Karena itu, belum diketahui siapa lawan Peru di babak perempatfinal nantinya.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertamaperu ke perempatfinal usai tahan kolombia L5MP6OQdKy 300x224 Peru ke Perempatfinal Usai Tahan KolombiaMemiliki tekad lolos sebagai juara grup, Kolombia langsung melancarkan serangan ke pertahanan Peru saat laga baru berjalan empat menit. James Rodriguez menyisir sisi lapangan untuk kemudian melepaskan umpan silang. Bola berhasil disundul ke belakang oleh pemain belang Peru, namun di sana ada Falcao yang siap menyambut. Namun, Gallese lebih dulu mengamankan bola.

Meski Los Cafeteros –julukan Kolombia–menguasai jalannya pertandingan, mereka seperti kehilangan cara untuk menembus pertahanan Peru yang digalang Zambrano. Namun, kiper Kolombia, David Ospina, tak mendapat ancaman berarti hingga waktu memasuki menit ke-30 karena sang lawan tak mampu melepas satu tembakan pun.

Bola bisa dibilang lebih banyak berkutat di lini tengah. Meski Kolombia terlihat lebih ngotot, tim asuhan Jose Pekerman itu tak mau mengambil risiko dengan terlalu bermain terbuka. Apalagi, kekalahan bukan tak mungkin akan menggagalkan ambisi keduanya lolos ke babak perempatfinal.

Hingga babak pertama berakhir, tak ada peluang matang yang bisa dihasilkan kedua tim. Jika peluang matang tak ada yang dibuat, apalagi gol tak mungkin akan tercipta. Hingga wasit Nestor Pitana meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama, skor masih 0-0.

Babak Kedua

Tertekan di babak pertama, Peru langsung menggebrak di awal babak kedua. Sanchez melepas umpan kepada Cuevas, namun sepakan first time-nya masih dapat dihalau Ospina. Kolombia dan Peru yang bermain aman di 45 pertama mencoba mengubah peruntungan di babak kedua.

Pekerman memasukkan Jackson Martinez yang di laga melawan Brasil tak dimainkan. Pemain incaran Atletico Madrid itu dimasukkan guna menggantikan Radamel Falcao yang bermain kurang optimal. Bahkan juara Copa America 2001 itu memasukkan Victor Ibarbo untuk menggantikan Pablo Armero. Tujuannya tentu menambah daya gedor serangan.

Meski hasil imbang sudah cukup meloloskan mereka ke babak perempatfinal, Claudio Pizarro dan kawan-kawan di luar dugaan bermain cukup terbuka. Beberapa peluang berhasil mereka hasilkan, meski tak ada yang berbuah menjadi gol.

Martinez! Hampir saja membuka keunggulan bagi Kolombia. Memanfaatkan bola rebound hasil tembakan James Rodriguez, tendangan bomber FC Porto itu berhasil diamankan kiper Peru, Gallese. Selepas peluang tersebut, kedua tim seperti kesulitan membuka celah di pertahanan lawannya masing-masing. Praktis hingga wasit Nelson Pitana meniup peluit panjang, skor 0-0 tetap bertahan.

Susunan Pemain :

Kolombia : 1. D. Ospina, 4. S. Arias, 22. J. Murillo, 2. C. Zapata, 7. P. Armero (V. Ibarbo 57’) 6. C. Sanchez, 5. E. Valencia (A. Mejia 24’), 11. J. Cuadrado, 10. J. Rodriguez, 19. T. Gutierrez. 9. R. Falcao (J. Martinzz 66’).

Peru : 1. P. Gallese, 5. C. Zambrano, 17. L. Advincula, 21. J. Ballon, 16. C. Lobaton, 8. C. Cueva (Y. Yotun 90’), 6. J. Vargas, 20. J. Sanchez (P. Hurtado), 22. C. Ascues, 9. P. Guerrero, 14. C. Pizarro (J. Farfan 56’)

PROFIL :

Alexis Alejandro Sánchez Sánchez, umumnya dikenal sebagai Alexis, adalah pemain sepak bola Chili yang bermain untuk klub Inggris Arsenal dan tim nasional Chili sebagai maju.
Lahir: 19 Desember 1988 (umur 26), Tocopilla, Chili
Tinggi: 1,69 m
Berat: 69 kg
Partner: Laia Grassi
Gaji: 11,5 juta USD (2014)
Tim saat ini: Tim nasional sepak bola Chili (Gelandang, Forward), Arsenal FC (# 17 / Forward)