303agent.com  - Portugal meraih kemenangan atas Italia dalam laga persahabatan. Skornya adalah 1-0 untukSeleccao Das Quinas lewat gol Ederzinho.

Pada laga yang digelar di Stade de Geneva, Rabu (17/6/2015) dinihari WIB, pelatih Gli Azzurri, Antonio Conte, kembali memakai formasi 4-3-3 demi mematangkan skema tersebut yang rencananya akan digunakan di Piala Eropa 2016.
italiavsportugali 300x200 Portugal Menang Tipis 1 0 atas Italia“Trio Antonio Candreva, Ciro Immobile, dan Stephan El Shaarawy dipasang di lini depan serta beberapa pemain debutan. Namun, beberapa pemain inti seperti Gigi Buffon, Daniele De Rossi, Marco Verratti, dan Simone Zaza tidak dipasang.

Sementara dari kubu Portugal, tidak ada nama Cristiano Ronaldo yang absen karena sedang berlibur. Ini berakibat federasi sepakbola Portugal harus membayar penalti 400 ribu euro kepada pihak promotor pertandingan.

Italia memulai pertandingan dengan intensitas tinggi di mana beberapa peluang didapat. Di menit ke-19 Andrea Bertolacci nyaris menjebol jala Beto andaikan sepakan kaki kirinya tak melebar dari sasaran.

Di menit ke-27 El Shaarawy juga membuang peluang karena bola hasil tembakannya juga menyamping di sisi gawang.

Peluang terbaik Portugal didapat di menit ke-31 ketika Salvatore Sirigu gagal mengamankan bola backpasssehingga Eder mampu merebutnya. Beruntung dengan cepat Andrea Ranocchia mampu membuang bola tepat di garis gawang.

Tak lama setelahnya giliran Ranocchia membuat blunder ketika umpan tanggungnya dipotong Joao Moutinho. Tinggal berhadapan dengan gawang, tembakan Moutinho masih bisa diamankan Sirigu.

Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua Italia mendapatkan kans lagi bikin gol di menit ke-48. Sayangnya Leonardo Bonucci yang menyambar bola rebound di depan gawang malah mengarahkannya ke atas mistar.

Portugal unggul lebih dulu di laga ini ketika di menit ke-52 crossing Ricardo Quaresma disambut tembakan voli Eder ke gawang Sirigu dari jarak dekat.

Kebobolan gol tersebut membuat Italia kian bernafsu menyerang namun beberapa kali serangan mentah di barisan belakang Portugal.

Di menit ke-88 Italia nyaris saja menyamakan skor andaikan Beto tak menepis tembakan melengkung Manolo Gabbiandini ke tiang dekat gawangnya.Portugal akhirnya menuntaskan laga sebagai pemenang lewat skor tipis 1-0.

Kekalahan ini juga membuat Italia tak masuk pot unggulan untuk pengundian Kualifikasi Piala Dunia 2018 pada 25 Juli mendatang. Dalam ranking terbaru FIFA yang akan rilis bulan depan, Italia dipastikan kalah peringkat dari Kroasia.

Bagi Conte, ini adalah kekalahan pertamanya sejak memegang tongkat kepelatihan timnas Italia dari Cesare Prandelli tahun lalu.

Susunan Pemain

Italia: Sirigu; Darmian, Ranocchia, Bonucci, De Sciglio (Pasqual 73′); Soriano (Vazquez 58′), Pirlo, Bertolacci (Parolo 76′); Candreva (Gabbiadini 64′), Immobile (Matri 73′), El Shaarawy (Sansone 67′)

Portugal: Beto; Vieirinha (Cedric 46′), Bruno Alves (Carrico 58′), Jose Fonte, Fabio Coentrao (Eliseu 24′); Joao Moutinho, Danilo Pereira, Tiago (Adrien Silva 46′); Ricardo Quaresma (Pizzi 86′), Ederzinho, Varela (Nani 46′)